Apa itu Senjata Railgun



Apa itu Senjata Railgun
 Pada artikel ini membahas tentang Apa itu Senjata Railgun dan kegunaaan nya.Amerika berada di garis terdepan dalam mengembangkan senjata railgun. Beberapa waktu silam gambar serta video pertama dari railgun muncul. Sebuah senjata yang diyakini akan mengubah permainan Angkatan Laut Amerika. Senjata apa ini sebenarnya?
Railgun adalah senjata jarak jauh yang penembakan proyektil menggunakan listrik bukan propelan kimia.
Medan magnet yang diciptakan oleh arus listrik tinggi mempercepat konduktor logam geser antara dua rel untuk meluncurkan proyektil pada kecepatan 4.500 mil per jam. 
Baca juga : 6 Teknologi modern yang akan ada di masa depan nanti 2019



Bagaimana cara kerjanya?
  Listrik yang dihasilkan disimpan selama beberapa detik dalam sistem tenaga.
Selanjutnya, arus listrik dikirim ke railgun, menciptakan gaya elektromagnetik mempercepat proyektil hingga Mach 6 atau lebih dari 4.500 mil per jam.
Senjata ini membutuhkan daya listrik tinggi yakni hingga 25 Megawatt. Ini setara dengan listrik yang digunakan oleh 18.750 rumah di Amerika
Menggunakan kecepatan ekstrem menghilangkan bahaya bahan peledak tinggi dalam kapal dan artileri karena tidak meledak dan merusak diri sendiri.


 Untuk apa meriam railgun ini?
 Awalnya dirancang untuk penangkis serangan udara atau anti pesawat dari persenjataan kapal perang. Khususnya rudal anti jelajah yang diluncurkan dari jauh. Kemunculan rudal yang siap menghantam kapal perang dapat terditeksi pada jarak 35km. Tetapi belum tentu bisa ditangkis bila jaraknya sudah terlalu dekat. Peluru konvensional yang ditembakan tapi kecepatannya akan turun bila jaraknya terlalu jauh sehingga tidak akurat. Railgun ini nantinya dapat menangkis sebelum rudal jelajah menghantam sebuah kapal perang. Jarak peluru lebih jauh dan jangkauannya lebih jauh.
Protektil peluru dapat disesuaikan untuk taget seperti high explosive. Karena dilontarkan dengan elektromagnetik, tidak dibutuhkan bagian propelan
Tidak hanya serangan yang datang dari permukaan laut, senjata railgun baru ini dapat menembakan di ketinggian seperti pesawaat udara. Raingun Blitzer menjadi solusi senjata pertahanan kapal laut dengan biaya lebih murah, dibanding meluncurkan rudal anti pesawat. Senjata ini dapat menyerang kapal perang lain yang jaraknya relatif jauh sebelum kapal musuh  melakukan serangan.
Penerapan senjata dari kapal perang, berbasis mobile di darat atau anti pesawat dengan posisi tetap.

Baca juga : Apa itu pesawat Scramjet

Ilmuwan Telah Ciptakan Robot Terbang Terkecil di Dunia

 
Ilmuwan Telah Ciptakan Robot Terbang Terkecil di Dunia
Peneliti dari Harvard University berhasil melakukan penerbangan pertama sebuah pesawat tanpa penumpang yang kerap disebut sebagai drone berbentuk serangga. Tak hanya itu saja, drone ini merupakan drone terkecil di dunia dengan besar tidak lebih dari satu koin sen Dollar Amerika. Drone terkecil di dunia ini diberi nama RoboBee, sebagai indikasi penampakan robot tersebut yang mirip dengan serangga lebah. RoboBee memiliki berat 80 mg dan dua membran berbentuk sayap transparan berukura masing-masing 3 cm yang dapat mengibas sebanyak 120 kali dalam satu detik,

 

Baca juga : Apa itu pesawat Scramjet
 dengan kata lain membuatnya mampu untuk terbang dalam kecepatan rendah. Tak hanya itu, kedua sayap ini dapat digerakan secara independen dan memungkinkannya untuk mengibaskan sebelah sayap saja. Kevin Y. Ma, salah satu penelitinya, mengungkapkan bahwa robot berukuran besar mampu bergerak dengan menggunakan motor elektromagnetik. Namun tidak sama halnya dengan RoboBee. Karena ukurannya yang kecil tersebut, maka peneliti harus menggunakan kepingan keramik bernama piezoelectric actuator yang mampu melebarkan serta mengkerut ketika medan elektrik


diaplikasikan untuk membuat RoboBee terbang. Tujuan dibuatnya RoboBee ini bukan untuk sebagai robot pengintai. Para peneliti berharap agar drone terkecil ini justru dapat digunakan untuk menjadi alat pencari dalam operasi penyelamatan, penyerbukan tanaman, dan pemantau lingkungan.

Begitu kecil sekali ya robot tersebut 

Baca juga :Apa itu mesin Turbojet


Apa itu mesin Turbojet

 Apa itu mesin Turbojet

Jadi kali ini saya akan menulis tentang Apa itu mesin Turbojet.Berhubung masih ada yang belum tau tentang turbojet ini maka akan saya kasih tau apa itu turbojet tersebut.Dan berikut pembahasannya .
Mesin turbojet adalah mesin jet yang paling sederhana, biasanya dipakai untuk pesawat-pesawat jet awal atau pesawat-pesawat jet berkecepatan tinggi.
Contoh dari mesin ini adalah mesin Rolls-Royce Olypus 593 yang digunakan untuk pesawat Concorde. Selain menggerakan pesawat, mesin ini juga bisa dipakai untuk menggerakan kereta api dan kapal laut, contohnya mesin Marine Olympus yang memiliki kekuatan 28.000 hp (daya kuda atau setara dengan 21 MW) yang digunakan untuk menggerakkan kapal perang modern dengan bobot mati 20.000 ton dengan operasi berkecepatan tinggi. Turbojet terdiri dari saluran masuk udara, kompresor udara, ruang pembakaran, turbin gas (yang menggerakkan kompresor udara) dan nozzle.
 Udara dikompresi ke dalam ruang bakar, dipanaskan dan dimuaikan dengan sangat cepat akibat proses pembakaran bahan bakar dan kemudian udara panas tersebut dibiarkan mengalir menuju turbin dengan kecepatan tinggi untuk memberikan propulsi yang kemudian digunakan untuk memutar kompresor.



Sejarah Turbojet
Perkembangan mesin jet dimulai pada tahun 1930an oleh seorang insinyur dari Inggris yang bernama Frank Whittle yng harus bekerja di gedung tua milik Angkatan Udara Inggris yang bermarkas di Farnborough, Hampshire. Penggunaan mesin jet pertamanya WU1 pada tahun 1937. Di Jerman Hans von Ohain dan Ernst Heinkel merancang mesin jet yang sama dan digunakan pada tahun 1939 untuk pesawat Heinkel He178. Pada tahun 1950 dimulailah penerbangan pesawat jet komersial.

Baca juga :Apa itu pesawat Ramjet

Orang bisa melakukan perjalanan dengan lebih cepat, perjalanan dari London sampai Sidney dapat ditempuh kurang dari dua hari. Termasuk cepat untuk ukuran waktu itu. Perbaikan kualitas terus dilakukan dilakukan terus dilakukan oleh pabrikan selain kapasitas produksinya ditambah akibat meningkatnya permintaan pasar akan pesawat terbang komersial.
Pesawat jet komersial yang paling terkenal adalah Boeing 747, yang memulai penerbangannya tahun 1970. Keberadaan pesawat produksi Boeing mendapat saingan berat dari Airbus, pabrikan pesawat konsorsium negara-negara Eropa. Produksi pesawat berbadan lebar yang terbaru dari Boeing adalah 787 Dream Liner, sedangkan Airbus meluncurkan A380.


Sistem Penggerak Turbojet 
 Pada mesin turbo jet terdapat ruang bakar, di mana bahan bakar yang telah dimampatkan dialirkan ke ruang bakar, gas hasil pembakaran menyembur dari belakang dan mendorong mesin ke depan. Daya dorong mesin jet sangat besar karena dihasilkan dari hasil pembakaran gas bertekanan tinggi.

 Baca juga :Apa itu pesawat Scramjet

Apa itu mesin Turbofan



Apa itu mesin Turbofan

Pada Artikel kali ini saya akan menulis tentang Apa itu mesin Turbofan.Dan mungkin masih ada belum tau tentang turbofan tersebut maka dari itu saya akan kasih tau kepada kalian,Mesin turbofan adalah sebuah tipe mesin jet pesawat terbang yang mirip dengan mesin Turbojet. Mesin ini umumnya terdiri dari sebuah kipas internal dengan sebuah turbojet kecil yang terpasang dibelakangnya untuk menggerakkan kipas tersebut. Aliran udara yang masuk melalui kipas ini melewati turbojet, di mana sebagian kecil udara itu dibakar untuk menghidupi kipas, dan sisa udara digunakan untuk menghasilkan dorongan.

Semua mesin jet yang digunakan untuk pesawat jet komersial masa kini adalah mesin turbofan. Mesin ini lebih banyak digunakan karena sangat efesien dan relatif menghasilkan suara yang lebih kecil.
Turbofan merupakan salah satu jenis dari jet engine.
 Kita tahu jet engine terbagi atas 3 jenis :
1 Turbojet
2.Turboprop
3.Turbofan
Keistimewaan dari turbofan adalah jenis ini merupakan penyempurnaan dari turbojet dan turboprop. #.Kelemahan dari turbojet adalah boros bahan bakar,walau dalam soal tenaga lebih besar dibandingkan dengan jenis lain. Karena itu jenis ini cocok untuk dipakai pada pesawat tempur. Untuk turboprop,jenis ini mempunyai kelemahan yaitu tidak mampu mensupport high speed dan high altitude,hanya mencapai 25.000feet saja. Dan turbofan ini lah yang bisa menjawab semua requirment dari airlines yaitu: irit bahan bakar,mempunyai tenaga dorong yang besar.

 
Prinsip kerja turbofan adalah airflow(udara) masuk kedalam blade (low pressure compresor) atau kita sebut LPC dan dikompres kembali oleh blade yang lebih kecil ukurannya (high pressure compresor) atau kita sebut HPC,masuk ke ruang pembakaran (combustion chamber) dan diberi ignition sampai suhu atau temperatur tinggi baru lah disemprot oleh fuel. Karena terjadi pembakaran maka berubahlah energi kimia menjadi energi dorong. Energi dorong yang dihasilkan ini mendorong high pressure turbin (HPT) yang terhubung langsung dengan HPC sehingga HPC dapat berputar kembali. Energi dorong tersebut juga mendorong low pressure turbin (LPT) yang terhubung langsung dengan LPC. Dan sisa nya merupakan tenaga dorong pesawat.
Baca juga:Apa itu pesawat Ramjet
Jadi prinsip kerja turbofan dapat disederhanakan sebagai berikut :
Berbeda dengan motor bakar yang mempunyai 4step (langkah) atau 2step (langkah) pembakaran. Turbofan melakukan beberapa step TAPI dalam 1 WAKTU. Dan perbedaan dengan motor bakar adalah jika dalam motor bakar ruang pembakaran (combustion chamber) sudah di isi oleh campuran (mix) air dan fuel BARU diberi ignition (pengapian) sehingga terjadi pembakaran. Kalau di Turbofan ini,combustion chamber hanya di isi udara bertekanan tinggi saja. Karena tekanan tinggi maka temperatur tinggi dan diberi ignition,BARU di semprotkan fuel sehingga terjadi pembakaran.

Untuk gaya dorong (thrust) pesawat yang dihasilkan oleh pembakaran,sebenarnya hanya 15%-25% saja. Gaya dorong pesawat yang terbesar justru pada KIPAS (blade) atau LPC sebesar 75-85% yang digerak oleh LPT (seperti dijelaskan di atas). Karena itu Fan/blade/LPT dibungkus oleh casting,sehingga aliran udara (airflow) lebih terpusat mengalir kebelakang. Itulah alasan mengapa Turbofan lebih hemat bahan bakar dibanding dengan jenis lainnya. Dan pada saat engine berada kondisi HIGH SPEED,turbofan HANYA membutuhkan sedikit penambahan throttle untuk dapat menghasilkan thrust yang besar.
Mesin Turbofan adalah mesin yang umum dari turunan mesin-mesin turbin gas untuk menggerakkan pesawat terbang baik komersial maupun pesawat tempur. Mesin ini sebenarnya adalah sebuah mesin by-pass di mana sebagian dari udara dipadatkan dan disalurkan ke ruang pembakaran, sementara sisanya dengan kepadatan rendah disalurkan sekeliling bagian luar ruang pembakaran. Sekaligus udara tersebut berfungsi untuk mendinginkan suhu ruang pembakaran.


Udara yang di by-pass ini ada yang dicampur dengan udara panas pembakaran pada turbin bagian belakang seperti pada mesin Rolls-Royce Spey yang digunakan pada pesawat Fokker F-28. Ada pula yang disalurkan dengan pipa-pipa halus ke atmosfer. Mesin yang menggunakan type ini contohnya adalah mesin RB211 yang digunakan pada pesawat Boeing B 747 dan GE CF6-80C2 yang digunakan pada pesawat DC-10 serta P &W JT 9D.

Beberapa mesin yang menggunakan jenis mesin turbofan adalah
1.Rolls-Royce Tay pada pesawat Fokker F-100 (yang dijuluki mesin fanjet),
2.mesin Adour Mk871 yang digunakan pada pesawat tempur type Hawk Mk 100
3.Hawk Mk 200, pesawat tempur Jaguar
4, Mitsubishi F-1 yang digunakan AU Jepang. 
Baca juga : Apa itu pesawat Scramjet
Kemudian mesin high by-pass turbofan yang diterapkan pada mesin CFM56-5C2 yang dipakai oleh pesawat Airbus A340 dan mesin CFM56-3 yang dipakai pada Boeing B-737 serie 300, 400 dan 500 yang merupakan produk bersama antara GE dengan SNECMA dari Perancis.
Pada pesawat militer, mesin turbofan yang diterapkan antara lain adalah mesin TF39-1C yang dipakai pada pesawat angkut raksasa C-5 Galaxy, kemudian GE F110 yang dipakai pada F-16, GE F118 yang bertype non-augmented turbofan yang diterapkan pada pesawat pembom stealth Northrop-Grumman B-2 dan pembom B-1 dengan mesin non augmented turbofan GE F101.

(sumber)

Apa itu siklus Rangkine



Apa itu siklus Rangkine

pada artikel satu ini saya akan menulis tentang Apa itu siklus Rangkine .Siklus Rankine adalah sebuah siklus yang mengkonversi energi panas menjadi kerja / energi gerak. Dikembangkan oleh William John Macquorn Rankine pada abad ke-19 dan sejak saat itu banyak diaplikasikan pada mesin-mesin uap. Saat ini, siklus rankine digunakan pada pembangkit-pembangkit listrik dan memproduksi 90% listrik dunia.

(Diagram Temperatur-Entalpi)
Air menjadi fluida kerja siklus rankine dan mengalami siklus tertutup (close-loop cycle) artinya secara konstan air pada akhir proses siklus masuk kembali ke proses awal siklus. Pada siklus rankine, air ini mengalami empat proses sesuai dengan gambar di atas, yaitu:
  1. Proses C-D: Fluida kerja / air dipompa dari tekanan rendah ke tinggi, dan pada proses ini fluida kerja masih berfase cair sehingga pompa tidak membutuhkan input tenaga yang terlalu besar. Proses ini dinamakan proses kompresi-isentropik karena saat dipompa, secara ideal tidak ada perubahan entropi yang terjadi.
  2. Proses D-F: Air bertekanan tinggi tersebut masuk ke boiler untuk mengalami proses selanjutnya, yaitu dipanaskan secara isobarik (tekanan konstan). Sumber panas didapatkan dari luar seperti pembakaran batubara, solar, atau juga reaksi nuklir. Di boiler air mengalami perubahan fase dari cair, campuran cair dan uap, serta 100% uap kering.
  3. Proses F-G: Proses ini terjadi pada turbin uap. Uap air kering dari boiler masuk ke turbin dan mengalami proses ekspansi secara isentropik. Energi yang tersimpan di dalam uap air dikonversi menjadi energi gerak pada turbin.
  4. Proses G-C: Uap air yang keluar dari turbin uap masuk ke kondensor dan mengalami kondensasi secara isobarik. Uap air diubah fasenya menjadi cair kembali sehingga dapat digunakan kembali pada proses siklus.
Gambaran siklus melalui diagram T-S di atas adalah siklus rankine yang paling dasar dan sederhana. Pada penggunaannya ada beberapa modifikasi proses sehingga didapatkan efisiensi termal total yang lebih tinggi. Seperti penggunaan preheater atau pemanasan awal sebelum masuk boiler, dan juga penggunaan pemanasan ulang uap air yang keluar dari turbin pertama (high pressure turbine) sehingga dapat digunakan lagi untuk masuk ke turbin kedua (intermediate pressure turbine). Untuk lebih mudah memahaminya dapat kita lihat skema prosesnya pada gambar di bawah ini
Baca juga : Apa itu siklus Brayton
 
 Siklus Rankine Dengan Preheater dan Reheater
 
Pada gambaran di atas, air kondensat yang dipompa oleh pompa ekstraksi kondensat dari kondensor menuju ke deaerator/Feed Water Tank mengalami proses preheating. Dan air yang dipompa oleh Feed Water Pump dari Feed Water Tank menuju boiler juga melewati preheater. Sumber panas yang digunakan oleh preheater tersebut berasal dari extraction steam yang diambil dari turbin uap pada stage-stage tertentu.
Diagram Temperatur-Entropi Untuk Modifikasi Siklus Rankine

Selain itu perbedaan yang lain dengan siklus rankine konvensional adalah adanya pemanasan kembali uap air yang keluar dari turbin pertama (High Pressure Turbine) oleh boiler reheater untuk kembali mendapatkan fase superheater dan hasilnya kembali dimasukkan ke turbin kedua (Intermediate Pressure Turbine).

Selain itu juga ada sistem bypass uap air untuk tidak dilewatkan ke turbin uap. Uap superheater yang keluar dari boiler tidak masuk ke turbin dan di-bypass masuk kembali ke boiler sisi reheater. Dan uap yang keluar dari boiler reheater di-bypass untuk masuk langsung ke kondensor. Fungsi dari sistem bypass ini adalah sebagai sistem proteksi apabila terjadi suatu masalah di siklus rankine tersebut sehingga dapat terhindar dari kerusakan yang parah. Dan juga digunakan pada saat proses penyalaan awal sistem siklus tersebut dan jua proses mematikannya.
Baca artikel lain nya : Apa itu pesawat Scramjet?

Apa itu siklus Brayton

 Apa itu siklus Brayton
Kali ini saya akan menulis mengenai Apa itu siklus Brayton.Siklus Brayton merupakan salah satu siklus termodinamika. Sama halnya dengan Siklus Rankine.Gas turbin adalah salah satusistem mekanik lainnya yang menghasilkan daya. Alat ini dapar beroperasi pada siklus terbuka ketika digunakan sebagai mesin mobil atau trukatau pun mesin pesawat terbang, atau pada siklus tertutup ketika digunakan dalam pembangkit listrik tenaga nuklir. Dalam pengoperasian siklus terbuka, udara masuk ke kompresor, melewati ruang pembakaran tekanan konstan, melewati turbin dan kemudian keluar sebagai produk hasil pembakaran ke atmosfer,Dalam pengoperasian siklus tertutup ruang pembakaran digantikan dengan alat penukar kalor tambahan memindahkan kalor dari siklus sehingga udara kembali ke keadaan awalnya

Siklus ideal yang digunakan untuk memodelkan turbin gas adalah siklus Brayton. Siklus ini memanfaatkan kompresi dan ekspansi isentropik
Siklus Brayton pada diagram p-v dan T-s

Gambar tersebut menjelaskan tentang prinsip kerja pada siklus brayton. Dan prosesnya adalah sebagai berikut.
  • Proses 1-2Proses udara masuk akibat terhisap oleh kompresor. Udara dinaikan tekanannya. Terlihat adanya kenaikan nilai tekanan pada gambar 1. Udara ini yang nantinya akan digunakan untuk proses pembakaran pada ruang bakar. dengan naiknya tekanan udara, akan merubah nilai temperatur udara tersebut.
  • Proses 2-3: Proses ini adalah proses pembakaran di ruang bakar. Udara yang telah dikompresikan, dialirkan menuju ruang bakar, lalu bertemu dengan bahan bakar dan juga sumber panas, lalu terjadilah proses pembakaran gas. Sehingga timbulah gas panas dari proses ini. Pada diagram T-s, terlihat adanya kenaikan temperatur yang cukup tinggi.
  • Proses 3-4: Proses ini adalah proses ekspansi gas panas terhadap turbin melalui sudu-sudunya. Gas panas melakukan kerja terhadap turbin sehingga terjadilah perputaran. Apabila tersambung ke generator, maka generator pun akan ikut berputar dan bangkitlah energi listrik.
  • Proses 4-1: Secara teori, seharusnya gas panas yang telah digunakan masuk kembali ke kompresor sehingga nantinya akan kembali digunakan. Sehingga terjadilah sebuah siklus yang bernama Siklu brayton.
Baca juga : Apa itu pesawat ramjet
Baca juga :Apa itu pesawat Scramjet
Siklus diatas terjadi secara terus menerus selama mesin yang menggunakan prinsip ini digunakan. Sebagai contoh, siklus ini digunakan di PLTG.

Gambar tersebut menjelaskan penggunaan siklus brayton pada PLTG. Prosesnya pun sama seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya. Pada kenyataanya, gas keluaran turbin gas dilepas begitu saja keluar tanpa dimasukan kembali ke dalam kompressor. Hal ini menyebabkan nilai efisiensi termal yang kecil.
Jadi Kesimpulannya :

  • Siklus Brayton merupakan salah satu siklus termodinamika dengan fluida kerjanya adalah gas panas.
  • Implementasi siklus brayton ada pada PLTG dan mesin pesawat jet
  • Siklus brayton memiliki nilai efisiensi termal yang kecil karena gas panas keluaran turbin (masih cukup tinggi sekitar 580 derajat celcius) dibuang kelingkungan begitu saja.

Baca artikel lain nya: 6 Teknologi modern yang akan ada di masa depan nanti 2019

Cara kerja mesin Ramjet



Cara kerja mesin Ramjet
 Seperti apa sih Cara kerja mesin Ramjet Mesin ramjet menjadi salah salah satu tipe mesin jet yang juga menggunakan prinsip siklus Brayton (baca artikel berikut) sebagai prinsip dasarnya. Namun penerapan siklus brayton pada mesin ramjet berbeda dengan pada mesin turbojet yang menggunakan sistem turbin gas. Mesin ramjet tidak dilengkapi dengan kompresor dan turbin selayaknya mesin turbojet,

karena ramjet  mengkompresi udara dengan memanfaatkan aliran udara masuk ke sisi inlet ramjet dengan kecepatan tinggi. Penampang inlet ramjet yang mengecil, diikuti kecepatan aliran masuk yang tinggi, akan mengkompresi udara masuk. Proses pembakaran di dalam combustor menghasilkan efek ledakan sehingga mengekspansi udara panas hasil pembakaran ke arah outlet. Outlet mesin ramjet adalah berupa exhaust nozzle yang akan mengkonversikan energi panas udara hasil pembakaran menjadi daya dorong mesin.


Ramjet merupakan suatu jenis mesin (engine) dimana apabila campuran bahan bakar dan udara yang dipercikkan api akan terjadi suatu ledakan, dan apabila ledakan tersebut terjadi secara kontinyu maka akan menghasilkan suatu dorongan (Thrust). Mesin Ramjet terbagi atas empat bagian, yaitu: saluran masuk (nosel divergen) bagian untuk aliran udara masuk, ruang campuran merupakan ruang campuran antara udara dan bahan bakar supaya bercampur secara sempurna, combustor merupakan ruang pembakaran yang dilengkapi dengan membran,yang mana berfungsi untuk mencegah tekanan balik, saluran keluar (nosel konvergen) yang berfungsi untuk memfokuskan aliran thrust, menahan panas dan meningkatkan suhu pada combustor.

 

Technology ram jet ini umumnya dikembangkan pada roket / pesawat ulang alik. Pesawat tanpa awak X-43A ini memanfaatkan mesin scramjet yang di masa mendatang akan dipakai juga pada pesawat ulang alik. Adapun keistimewaan dari x-434 ini adalah digunakannya mesin scramjet (supersonic combustible ramjet). Scramjet menggunakan teknologi baru yang membakar hidrogen bersama dengan oksigen yang diambil dari udara. Oksigen tersebut dihisap dan dipancarkan lagi dengan kecepatan sangat tinggi.


Baca juga : Apa itu pesawat Scramjet?



Apa itu pesawat Ramjet?



 Apa itu pesawat Ramjet?
Di artikel kali ini saya akan membahas tentang Apa itu pesawat Ramjet? Dan mungkin ada yang bertanya-tanya tentang apa bedanya ramjet dengan Scramjet,untuk ramjet sendiri kalian bisa baca artikel nya di bawah sini
Ramjet (mesin jet) , merupakan sejenis mesin jet yang harus diluncurkan dengan kecepatan tinggi , kadang-kadang disebut sebagai mesin ramjet , atherodyde, athodyd, drainpipe terbang , jet cerobong asap, adalah bentuk mesin jet airbreathing menggunakan gerak maju mesin untuk memampatkan udara masuk, tanpa kompresor rotary. Ramjets tidak bisa menghasilkan daya dorong dengan nol kecepatan udara, sehingga tidak bisa bergerak pesawat ketika berhenti. Ramjets memerlukan beberapa sistem propulsi lainnya untuk mempercepat kendaraan untuk kecepatan tertentu sehingga ramjet mulai menghasilkan daya dorong. Ramjets bekerja paling efisien dengan kecepatan sekitar Mach 3. Mesin jenis ini dapat beroperasi sampai dengan kecepatan Mach 6.

Di antara mesin jet dan mesin roket terletak jet penghentak. Jet ini mendorong dengan mengeluarkan arus gas yang kuat dari pipa jet di belakang seperti turbojet, tetapi tidak punya kompressor atau bagian-bagian yang bergerak. Hanya ruang pembakaran saja. Untuk menekan udara guna pembakaran, jet ini bertumpu pada gerakan pesawat ke depan yang sangat cepat. Jet ini tak bisa mulai dari kecepatan nol tetapi memerlukan mesin tambahan maupun pesawat pengangkut untuk meningkatkan kecepatan pesawat pada titik tertentu (600 mil perjam) sehingga tekanan udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran mencukupi. Pada penerbangan 60.000 kaki jet ini menghasilkan dorongan 3-5 kali lipat untuk tiap pound berat mesin, bila dibanding dengan turbojet akan menghemat 20% harga bahan bakar.















Pesawat terbang menggunakan ramjet diantaranya yaitu :
  • Hiller Hornet (helikopter bermesin ramjet)
  • Focke-Wulf Triebflügel
  • Leduc pesawat terbang eksperimen
  • Lockheed D-21
  • Lockheed X-7
  • Nord 1500 Griffon
  • Republic XF-103
  • SR-71 Blackbird (Mesin turbojet berfungsi sebagai ramjets pada kecepatan mach 1+)  
 

Sedangkan untuk Peluru kendali yang menggunakan ramjet di antaranya yaitu :
  • Bomarc
  • BrahMos
  • MBDA Meteor
  • Bristol Bloodhound
  • Bendix RIM-8 Talos
  • North American SM-64 Navaho
  • P-270 Moskit
  • Akash missile
  • Sea Dart missile
  • 2K11 Krug
  • MBDA ASMP
Baca juga : 6 Teknologi modern yang akan ada di masa depan nanti 2019
Dengan ada nya teknologi tersebut memang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan bagi hidup manusia,seperti hal nya sebagai transportasi  akan tetapi bukan berarti kita manjadi sangat bergantung pada teknologi tersebut dan semua itu tergantung pada pemikiran masing-masing Oleh karena itu, harus dilandasi dengan pemikiran yang kuat agar kedepannya tidak merugikan manusia itu sendiri.

Cara kerja Mesin Pesawat Scramjet

Cara kerja Mesin Pesawat Scramjet

pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara kerja Mesin Pesawat Scramjet.bila kalian belum tau apa itu scramjet baca disini.Maret 2004 buku Guinness Book of Records mencatat rekor baru kecepatan pesawat terbang; 6,83 mach (sekira 5.000 mil per jam) atau hampir tujuh kali kecepatan suara. Pesawat yang berhasil mencapai kecepatan tersebut adalah pesawat eksperimental milik NASA, X-43A. Sebelumnya, pemegang rekor kecepatan pesawat adalah pesawat eksperimen NASA lain, X-15, yang pada tahun 1967Berhasil terbang dengan kecepatan 6,7 mach
Baca juga : Apa itu pesawat Scramjet?



Bahkan pada Okrober 2004, X-43A berhasil mempertajam rekornya. Di ketinggian 40.000 feet, dari pesawat B-52B, X-43A meluncur dengan kecepatan 9,8 mach. Pencapaian kecepatan X-43A menandai keberhasilan uji coba mesin jenis baru yang kini tengah dikembangkan, yaitu scramjet atau supersonic combustion ramjet. Mesin scramjet dirancang untuk menjadi penggerak pesawat hipersonik atau berkecepatan di atas 5 mach. Sebelumnya, untuk pesawat berkecapatan hipersonik digunakan mesin jenis roket. Berbeda dengan mesin roket, pesawat bermesin scramjet tidak perlu membawa oksigen pembakar bahan bakar (fuel) karena kebutuhan oksigen diambil dari udara bebas. Dengan tanpa harus membawa oksigen, beban terbang pesawat akan lebih ringan. Ini memungkinkan pesawat dapat bergerak lebih cepat atau memiliki ruang angkut lebih lapang.
 

Mesin scramjet merupakan pengembangan dari mesin jenis ramjet (ram-air compression). Kedua jenis mesin ini berbeda dengan mesin jet konvensional, turboprop, maupun turbojet. Pada mesin turbojet, udara masuk ke ruang bakar setelah melewati bagian kompresor mesin untuk dinaikkan tekanannya. Tidak demikian dengan mesin scramjet dan ramjet. Pada kedua jenis mesin ini udara luar untuk pembakaran fuel memasuki ruang bakar tanpa dikompresi. Tidak ada komponen mesin yang berputar pada mesin scramjet maupun ramjet.

Tekanan udara bebas masuk ruang bakar mesin scramjet atau ramjet semata karena kecepatan pesawat. Di sinilah letak perbedaan antara mesin ramjet dengan scramjet.
Pada ramjet, udara memasuki ruang bakar dengan kecepatan subsonik atau di bawah kecepatan suara. Sedangkan pada scramjet, udara memasuki ruang bakar dengan kecepatan supersonik. Kecepatan aliran udara yang lebih cepat pada scramjet membuat suplai oksigen pada mesin scramjet lebih intensif, sehingga energi yang dihasilkan lebih besar dan memungkinkan pesawat bergerak sampai dengan kecepatan hipersonik. 

 Baca juga: 6 Teknologi modern yang akan ada di masa depan nanti 2019

Sama dengan mesin ramjet, scramjet juga tersusun atas inlet pengkompresi, combustor, dan exhaust nozzle untuk mengaplikasikan siklus brayton. Pembeda utama mesin ini dengan ramjet adalah kemampuan sistem inlet nya yang mampu untuk mengkompresi udara pada kecepatan hipersonik di atas Mach 6.


Sistem kerja scramjet engine
(Sumber)
Sistem scramjet berdesain khusus sehingga kecepatan udara masuk tidak perlu diturunkan hingga kecepatan subsonik seperti pada mesin ramjet. Proses kompresi, pembakaran, dan ekspansi di sisi exhaust terjadi pada kecepatan supersonik. Atas dasar inilah mesin ini dinamakan scramjet yang berasal dari frasa "Supersonic Combusting Ramjet".



20140409-012114 AM.jpg
Boeing X-51 Mendemonstrasikan Mesin Scramjet
(Sumber)
    Keuntungan: efisien pada kecepatan Mach 8 hingga 15, komponen mekanis yang sedikit.
    Kerugian: masih dalam proses pengembangan terus, membutuhkan kecepatan awalan yang tinggi (Mach>6), desain aerodinamika rumit, harga mahal.
    Aplikasi: Sejauh ini mesin scramjet baru beberapa kali dipergunakan, itupun untuk proses penelitian. Penggunaan paling terkenal adalah pada pesawat robot Boeing X-51 pada tahun 2010. 
Teknologi itu memang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan bagi hidup manusia, akan tetapi bukan berarti kita manjadi sangat bergantung pada teknologi tersebut.bahkan hingga menjadi suatu kebutuhan dan akan menjerumuskan para manusia kedalam ketiak produktifan karena terlalu bergantung pada yang namanya teknologi
 Oleh karena itu, harus dilandasi dengan pemikiran yang kuat agar kedepannya tidak merugikan manusia itu sendiri.

Baca lain nya Disini: Gravitycrl
     

Apa itu pesawat Scramjet?


 Apa itu pesawat Scramjet?
Mungkin masih ada yang belum tau Apa itu pesawat Scramjet? di artikel kali ini saya akan membahas tentang scramjet .Scramjet atau dengan nama lain (supersonic combustion ramjet) .Scramjet adalah varian dari mesin jet Ramjet airbreathing dimana pembakaran terjadi di aliran udara supersonik. Serpenti di ramjets, scramjet yang bergantung pada kecepatan kendaraan tinggi untuk kompres paksa dan mengurangi kecepatan udara yang masuk sebelum pembakaran (maka ram jet), namun

sementara ramjet yang berkurang kecepatannya udara untuk subsonik kecepatan sebelum pembakaran, aliran udara di scramjet adalah aliran supersonik di seluruh seluruh mesin . Hal ini memungkinkan scramjet untuk beroperasi secara efisien pada kecepatan yang sangat tinggi: proyeksi teoretis menempatkan kecepatan tertinggi dari scramjet antara Mach 12 (9.100 mph, 15.000 km / jam) dan Mach 24 (18.000 mph, 29.000 km / h)

Mesin scramjet adalah jenis mesin jet, dan bergantung pada pembakaran bahan bakar dan senyawa oksidator untuk menghasilkan daya dorong. Mirip dengan mesin jet konvensional, scramjet bertenaga pesawat membawa bahan bakar di pesawat, dan memperoleh oksidator oleh konsumsi oksigen atmosfer (dibandingkan dengan roket , yang membawa kedua bahan bakar dan agen oksidasi ). Persyaratan ini membatasi scramjets untuk penerbangan suborbital atmosfer, di mana kandungan oksigen dari udara cukup untuk mempertahankan pembakaran.

Mesin scramjet dirancang untuk menjadi penggerak pesawat hipersonik atau berkecepatan di atas 5 mach. Sebelumnya, untuk pesawat berkecapatan hipersonik digunakan mesin jenis roket. Berbeda dengan mesin roket, pesawat bermesin scramjet tidak perlu membawa oksigen pembakar bahan bakar (fuel) karena kebutuhan oksigen diambil dari udara bebas. Dengan tanpa harus membawa oksigen, beban terbang pesawat akan lebih ringan. Ini memungkinkan pesawat dapat bergerak lebih cepat atau memiliki ruang angkut lebih lapang.

Mesin scramjet merupakan pengembangan dari mesin jenis ramjet (ram-air compression). Kedua jenis mesin ini berbeda dengan mesin jet konvensional, turboprop, maupun turbojet. Pada mesin turbojet, udara masuk ke ruang bakar setelah melewati bagian kompresor mesin untuk dinaikkan tekanannya. Tidak demikian dengan mesin scramjet dan ramjet. Pada kedua jenis mesin ini udara luar untuk pembakaran fuel memasuki ruang bakar tanpa dikompresi. Tidak ada komponen mesin yang berputar pada mesin scramjet maupun ramjet.Tekanan udara bebas masuk ruang bakar mesin scramjet atau ramjet semata karena kecepatan pesawat. Di sinilah letak perbedaan antara mesin ramjet dengan scramjet.


Pada ramjet, udara memasuki ruang bakar dengan kecepatan subsonik atau di bawah kecepatan suara. Sedangkan pada scramjet, udara memasuki ruang bakar dengan kecepatan supersonik. Kecepatan aliran udara yang lebih cepat pada scramjet membuat suplai oksigen pada mesin scramjet lebih intensif, sehingga energi yang dihasilkan lebih besar dan memungkinkan pesawat bergerak sampai dengan kecepatan hipersonik.


 Keuntungan sebuah pesawat yang menggunakan mesin scramjet seperti berikut:

1.Tidak perlu membawa oksigen
    pesawat yang sudah menggunakan mesin scram jet ini sudah tidak perlu membawa oksigen.sehingga
    pesawat menjadi lebih ringan
2.Tidak ada bagian yang berputar membuatnya lebih mudah untuk memproduksi
    bila pesawat yang menggunakan mesin turbojet,turbofan dll menggunakan turbine untuk menghasikan
    tenaga dorong dengan pesawat yang menggunakan mesin scramjet sudah tidak menggunakan turbin lagi
    untuk menghasilkan tenaga dorong menjadikan pesawat lebih ringan dan efisien
Memiliki dorongan yang lebih tinggi spesifik
     pesawat scramjet memiliki dorongan yang lebih tinggi (perubahan momentum per unit propelan) dari pada
     mesin konvensional, bisa menyediakan antara 1000 dan 4000 detik, sementara roket hanya menyediakan
     600 detik atau kurang
4 Kecepatan yang lebih tinggi bisa berarti akses murah ke luar angkasa di masa depan
   pesawat scramjet ini memiliki kecepatan yang lebih tinggidari roket menjadikan pesawat scramjet ini lebih
   mudah untuk terbang ke luar angkasa dan pastinya lebih murah & efisien

Scramjet akan terbang dengan kecepatan 10 kali lipat kecepatan suara. Dibandingkan dengan Raptor milik Amerika yaitu pesawat tercanggih saat ini yang maksimal kecepatannya  2 kali kecepatan suara.
Sebagai contoh: Bila kita sedang tinggal di New York dan ingin pergi ke Tokyo menempuh waktu yang cukup lama yaitu 18 jam (1080 menit), jika ditempuh dengan menggunakan pesawat Scramjet waktu yang ditempuh hanya 120 menit atau sama dengan 2 jam, sungguh merupakan penghematan waktu yang sangat efisien.
 Baca juga:6 Teknologi Modern Yang Akan Datang Di Masa Depan Nanti 2019

Teknologi memang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan bagi hidup manusia, akan tetapi bukan berarti kita manjadi sangat bergantung pada teknologi tersebut.bahkan hingga menjadi suatu kebutuhan dan akan menjerumuskan para manusia kedalam ketiak produktifan karena terlalu bergantung pada yang namanya teknologi
 . Oleh karena itu, harus dilandasi dengan pemikiran yang kuat agar kedepannya tidak merugikan manusia itu sendiri.

Baca lain nya disini :  Gravitycrl