Apa itu pesawat Scramjet?


 Apa itu pesawat Scramjet?
Mungkin masih ada yang belum tau Apa itu pesawat Scramjet? di artikel kali ini saya akan membahas tentang scramjet .Scramjet atau dengan nama lain (supersonic combustion ramjet) .Scramjet adalah varian dari mesin jet Ramjet airbreathing dimana pembakaran terjadi di aliran udara supersonik. Serpenti di ramjets, scramjet yang bergantung pada kecepatan kendaraan tinggi untuk kompres paksa dan mengurangi kecepatan udara yang masuk sebelum pembakaran (maka ram jet), namun

sementara ramjet yang berkurang kecepatannya udara untuk subsonik kecepatan sebelum pembakaran, aliran udara di scramjet adalah aliran supersonik di seluruh seluruh mesin . Hal ini memungkinkan scramjet untuk beroperasi secara efisien pada kecepatan yang sangat tinggi: proyeksi teoretis menempatkan kecepatan tertinggi dari scramjet antara Mach 12 (9.100 mph, 15.000 km / jam) dan Mach 24 (18.000 mph, 29.000 km / h)

Mesin scramjet adalah jenis mesin jet, dan bergantung pada pembakaran bahan bakar dan senyawa oksidator untuk menghasilkan daya dorong. Mirip dengan mesin jet konvensional, scramjet bertenaga pesawat membawa bahan bakar di pesawat, dan memperoleh oksidator oleh konsumsi oksigen atmosfer (dibandingkan dengan roket , yang membawa kedua bahan bakar dan agen oksidasi ). Persyaratan ini membatasi scramjets untuk penerbangan suborbital atmosfer, di mana kandungan oksigen dari udara cukup untuk mempertahankan pembakaran.

Mesin scramjet dirancang untuk menjadi penggerak pesawat hipersonik atau berkecepatan di atas 5 mach. Sebelumnya, untuk pesawat berkecapatan hipersonik digunakan mesin jenis roket. Berbeda dengan mesin roket, pesawat bermesin scramjet tidak perlu membawa oksigen pembakar bahan bakar (fuel) karena kebutuhan oksigen diambil dari udara bebas. Dengan tanpa harus membawa oksigen, beban terbang pesawat akan lebih ringan. Ini memungkinkan pesawat dapat bergerak lebih cepat atau memiliki ruang angkut lebih lapang.

Mesin scramjet merupakan pengembangan dari mesin jenis ramjet (ram-air compression). Kedua jenis mesin ini berbeda dengan mesin jet konvensional, turboprop, maupun turbojet. Pada mesin turbojet, udara masuk ke ruang bakar setelah melewati bagian kompresor mesin untuk dinaikkan tekanannya. Tidak demikian dengan mesin scramjet dan ramjet. Pada kedua jenis mesin ini udara luar untuk pembakaran fuel memasuki ruang bakar tanpa dikompresi. Tidak ada komponen mesin yang berputar pada mesin scramjet maupun ramjet.Tekanan udara bebas masuk ruang bakar mesin scramjet atau ramjet semata karena kecepatan pesawat. Di sinilah letak perbedaan antara mesin ramjet dengan scramjet.


Pada ramjet, udara memasuki ruang bakar dengan kecepatan subsonik atau di bawah kecepatan suara. Sedangkan pada scramjet, udara memasuki ruang bakar dengan kecepatan supersonik. Kecepatan aliran udara yang lebih cepat pada scramjet membuat suplai oksigen pada mesin scramjet lebih intensif, sehingga energi yang dihasilkan lebih besar dan memungkinkan pesawat bergerak sampai dengan kecepatan hipersonik.


 Keuntungan sebuah pesawat yang menggunakan mesin scramjet seperti berikut:

1.Tidak perlu membawa oksigen
    pesawat yang sudah menggunakan mesin scram jet ini sudah tidak perlu membawa oksigen.sehingga
    pesawat menjadi lebih ringan
2.Tidak ada bagian yang berputar membuatnya lebih mudah untuk memproduksi
    bila pesawat yang menggunakan mesin turbojet,turbofan dll menggunakan turbine untuk menghasikan
    tenaga dorong dengan pesawat yang menggunakan mesin scramjet sudah tidak menggunakan turbin lagi
    untuk menghasilkan tenaga dorong menjadikan pesawat lebih ringan dan efisien
Memiliki dorongan yang lebih tinggi spesifik
     pesawat scramjet memiliki dorongan yang lebih tinggi (perubahan momentum per unit propelan) dari pada
     mesin konvensional, bisa menyediakan antara 1000 dan 4000 detik, sementara roket hanya menyediakan
     600 detik atau kurang
4 Kecepatan yang lebih tinggi bisa berarti akses murah ke luar angkasa di masa depan
   pesawat scramjet ini memiliki kecepatan yang lebih tinggidari roket menjadikan pesawat scramjet ini lebih
   mudah untuk terbang ke luar angkasa dan pastinya lebih murah & efisien

Scramjet akan terbang dengan kecepatan 10 kali lipat kecepatan suara. Dibandingkan dengan Raptor milik Amerika yaitu pesawat tercanggih saat ini yang maksimal kecepatannya  2 kali kecepatan suara.
Sebagai contoh: Bila kita sedang tinggal di New York dan ingin pergi ke Tokyo menempuh waktu yang cukup lama yaitu 18 jam (1080 menit), jika ditempuh dengan menggunakan pesawat Scramjet waktu yang ditempuh hanya 120 menit atau sama dengan 2 jam, sungguh merupakan penghematan waktu yang sangat efisien.
 Baca juga:6 Teknologi Modern Yang Akan Datang Di Masa Depan Nanti 2019

Teknologi memang bertujuan untuk meningkatkan kemudahan bagi hidup manusia, akan tetapi bukan berarti kita manjadi sangat bergantung pada teknologi tersebut.bahkan hingga menjadi suatu kebutuhan dan akan menjerumuskan para manusia kedalam ketiak produktifan karena terlalu bergantung pada yang namanya teknologi
 . Oleh karena itu, harus dilandasi dengan pemikiran yang kuat agar kedepannya tidak merugikan manusia itu sendiri.

Baca lain nya disini :  Gravitycrl
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Anonymous
February 18, 2017 at 4:00 PM delete

Sebelumnya ane tidak pernah membaca artikel ataupun buku yg berhubungan dengan pesawat.. dengan adanya artikel dari agan, ane dapat pengetahuan baru gan :D semoga aja ane setelah membaca artikel dr agan, bisa naik pesawat scramjet .. hehe

Reply
avatar
February 19, 2017 at 10:18 AM delete

haha semoga aja ya.
gimana ya rasanya,pastinya kenceng banget dah

Reply
avatar