Apa itu Senjata Railgun



Apa itu Senjata Railgun
 Pada artikel ini membahas tentang Apa itu Senjata Railgun dan kegunaaan nya.Amerika berada di garis terdepan dalam mengembangkan senjata railgun. Beberapa waktu silam gambar serta video pertama dari railgun muncul. Sebuah senjata yang diyakini akan mengubah permainan Angkatan Laut Amerika. Senjata apa ini sebenarnya?
Railgun adalah senjata jarak jauh yang penembakan proyektil menggunakan listrik bukan propelan kimia.
Medan magnet yang diciptakan oleh arus listrik tinggi mempercepat konduktor logam geser antara dua rel untuk meluncurkan proyektil pada kecepatan 4.500 mil per jam. 
Baca juga : 6 Teknologi modern yang akan ada di masa depan nanti 2019



Bagaimana cara kerjanya?
  Listrik yang dihasilkan disimpan selama beberapa detik dalam sistem tenaga.
Selanjutnya, arus listrik dikirim ke railgun, menciptakan gaya elektromagnetik mempercepat proyektil hingga Mach 6 atau lebih dari 4.500 mil per jam.
Senjata ini membutuhkan daya listrik tinggi yakni hingga 25 Megawatt. Ini setara dengan listrik yang digunakan oleh 18.750 rumah di Amerika
Menggunakan kecepatan ekstrem menghilangkan bahaya bahan peledak tinggi dalam kapal dan artileri karena tidak meledak dan merusak diri sendiri.


 Untuk apa meriam railgun ini?
 Awalnya dirancang untuk penangkis serangan udara atau anti pesawat dari persenjataan kapal perang. Khususnya rudal anti jelajah yang diluncurkan dari jauh. Kemunculan rudal yang siap menghantam kapal perang dapat terditeksi pada jarak 35km. Tetapi belum tentu bisa ditangkis bila jaraknya sudah terlalu dekat. Peluru konvensional yang ditembakan tapi kecepatannya akan turun bila jaraknya terlalu jauh sehingga tidak akurat. Railgun ini nantinya dapat menangkis sebelum rudal jelajah menghantam sebuah kapal perang. Jarak peluru lebih jauh dan jangkauannya lebih jauh.
Protektil peluru dapat disesuaikan untuk taget seperti high explosive. Karena dilontarkan dengan elektromagnetik, tidak dibutuhkan bagian propelan
Tidak hanya serangan yang datang dari permukaan laut, senjata railgun baru ini dapat menembakan di ketinggian seperti pesawaat udara. Raingun Blitzer menjadi solusi senjata pertahanan kapal laut dengan biaya lebih murah, dibanding meluncurkan rudal anti pesawat. Senjata ini dapat menyerang kapal perang lain yang jaraknya relatif jauh sebelum kapal musuh  melakukan serangan.
Penerapan senjata dari kapal perang, berbasis mobile di darat atau anti pesawat dengan posisi tetap.

Baca juga : Apa itu pesawat Scramjet

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
February 18, 2017 at 9:20 PM delete

hehe itu kayak yang di permainan class royale ya gan?

Reply
avatar
February 19, 2017 at 6:27 PM delete

wahh senjata mahal tuh, semua senjata pun mahal :v
serem dah

Reply
avatar