Cara kerja mesin Ramjet



Cara kerja mesin Ramjet
 Seperti apa sih Cara kerja mesin Ramjet Mesin ramjet menjadi salah salah satu tipe mesin jet yang juga menggunakan prinsip siklus Brayton (baca artikel berikut) sebagai prinsip dasarnya. Namun penerapan siklus brayton pada mesin ramjet berbeda dengan pada mesin turbojet yang menggunakan sistem turbin gas. Mesin ramjet tidak dilengkapi dengan kompresor dan turbin selayaknya mesin turbojet,

karena ramjet  mengkompresi udara dengan memanfaatkan aliran udara masuk ke sisi inlet ramjet dengan kecepatan tinggi. Penampang inlet ramjet yang mengecil, diikuti kecepatan aliran masuk yang tinggi, akan mengkompresi udara masuk. Proses pembakaran di dalam combustor menghasilkan efek ledakan sehingga mengekspansi udara panas hasil pembakaran ke arah outlet. Outlet mesin ramjet adalah berupa exhaust nozzle yang akan mengkonversikan energi panas udara hasil pembakaran menjadi daya dorong mesin.


Ramjet merupakan suatu jenis mesin (engine) dimana apabila campuran bahan bakar dan udara yang dipercikkan api akan terjadi suatu ledakan, dan apabila ledakan tersebut terjadi secara kontinyu maka akan menghasilkan suatu dorongan (Thrust). Mesin Ramjet terbagi atas empat bagian, yaitu: saluran masuk (nosel divergen) bagian untuk aliran udara masuk, ruang campuran merupakan ruang campuran antara udara dan bahan bakar supaya bercampur secara sempurna, combustor merupakan ruang pembakaran yang dilengkapi dengan membran,yang mana berfungsi untuk mencegah tekanan balik, saluran keluar (nosel konvergen) yang berfungsi untuk memfokuskan aliran thrust, menahan panas dan meningkatkan suhu pada combustor.

 

Technology ram jet ini umumnya dikembangkan pada roket / pesawat ulang alik. Pesawat tanpa awak X-43A ini memanfaatkan mesin scramjet yang di masa mendatang akan dipakai juga pada pesawat ulang alik. Adapun keistimewaan dari x-434 ini adalah digunakannya mesin scramjet (supersonic combustible ramjet). Scramjet menggunakan teknologi baru yang membakar hidrogen bersama dengan oksigen yang diambil dari udara. Oksigen tersebut dihisap dan dipancarkan lagi dengan kecepatan sangat tinggi.


Baca juga : Apa itu pesawat Scramjet?



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »